Minggu, 20 Maret 2016

WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA DEGARA


KULIAH UMUM
TENTANG : WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA DEGARA
Oleh : Jendral. Ir. Arif Rahman Hakim. M.S
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Di dalam kuliah umum tentang wawasan kebangsaan dan bela negara yang dibahas langsung oleh Bpk. Jendral. Ir. Arif Rahman Hakim. M.S, saya mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa. Karena pada kesempatan ini saya diberi kesempatan untuk menjadi MC acara, sosok yang luar biasa yang memiliki banyak ilmu dalam agama dan pakar kemiliteran. Saya tidak menyangka seorang sosok militer yang biasanya tidak lepas dari berbicara tentang kekuatan, senjata, perang, bom, tank, pesawat tempur dan seluruh yang menyangkut tentang pertahanan negara, ternyata beliyau berbicara tentang islam, strategi militer dan juga tentang Indonesia yang sangat luar biasa.
Kuliah umum :
Manusia-manusia penerus nabi dan penerus rasul, kalian adalah orang-orangnya. Takut kepada Allah adalah perkara yang sangat penting, dan itu adalah akar serta pondasi dari segala hal. Yang membuat kamu masuk surga bukan hanya sholatmu, bahkan yang membuat kamu masuk surga adalah ketika kamu membiarkan lalat menghisap tinta yang ada di ujung penamu, pelacur pun ketika  memberikan satu teguk air kepada anjing yang kehausan akan masuk surga. Jaddidu Imanakum ‘’Perbaiki iman kalian’’.
Jika Allah menghendaki kebaikan kepada seorang hamba, maka Allah akan fahamkan ia dengan kebaikan dan agama. Bahagia itu bukan memiliki uang banyak, mobil bagus, istri cantik, anak sehat, dan memiliki jabatan, tetapi bahagia itu adalah ‘’Taat kepada Allah’’.
Apa identitasnya :
·         Visinya  :   Mengenal diri sehingga akan mengenal Allah untuk berjumpa dengan Allah.
·         Misinya :  Mengajak diri dan keluarga serta orang lain kepada kebesaran Allah.
Dahsyatnya Gontor ini, insya Allah semua mempunyai hak Rahmatan lil alamin,  jujur pak Rektor saya datang ini untuk bersilaturrahmi. Jika tidak ada pemuda Gontor ini, siapa yang akan menggerakkan pemuda di Indonesia...? Di Aceh ada fatwa kemarin untuk dibolehkannya merokok, tetapi merokok di tempat dimana Allah tidak bisa melihat, baru boleh merokok. Penakluk dunia itu adalah tidak ada di dalam hatinya. Kenapa Hayya alassholah dahulu setelah itu baru Hayya alalfalah...? Karena sholat dulu kata Allah baru akan ada sebuah kemenangan, kamu sholat dahulu baru akan ada kejayaan. Indonesia ini akan bangkit pada 2045, itu adalah masa generasi kalian yang sudah menjadi orang besar.
Kuasa Ilahi. Bumi yang kita diami ini sangat besar, matahari lebih besar dan banyak bintang-bintang di dalam Galaksi Bima Sakti ini yang lebih besar. Dianggarkan terdapat 200 billion bintang di dalam Galaksi Bima Sakti, ternyata Galaksi Bima Sakti sangat amat besar. Namun, Galaksi Bima Sakti hanyalah salah satu ciptaan Allah dari jutaan galaksi yang di ciptakan Allah. 
PERANG GERILYA ADALAH PERANG IDIOLOGI, PERANG RAKYAT SEMESTA.
Prajurid Gerilya bukanlah prajurid pemanggul senjata seperti yang lazim di dalam perang biasa, tetapi mereka adalah pemanggul idiologi. Mereka bukan hanya pelopor pertempuran, melainkan pelopor idiologi, apabila di era perang asimetrik seperti saat ini (Revolusi mental spiritual). Sejarah cukup menunjukan bahwa perang gerilya adalah senantiasa sebagai pelopor perjuangan idiologi, sehingga terkadang rakyat tertindas, terjajah oleh pendudukan.
 Dengan idiologi yang kuat, batin yang teguh, itulah yang dapat meledakkan perang gerilya. Yang cukup tabah untuk menempuh jalan penderitaan yang panjang dan sulit sampai penaklukan musuh-musuh kuat.
6 Faktor strategi militer :
1.      Memiliki lingkungan politik dan ideologi yang kuat
2.      Politik dominan yang ada pada wilayah tersebut
3.      Sejarah kemiliteran yang solid
4.      Hubungan internasional yang mendukung
5.      Geopolitikal setting
6.      Wilayah yang memadai
Berani mati ga.....??? (Sahut jendral. Ir. Arif Rahman Hakim M,S) Jangan berani hidup, karena banyak orang yang berani kepadamu. Maka berani mati, maka semua orang akan takut ke padamu.
Perang rakyat yang total memerlukan pemimpin yang total dan bukan saja pada puncak nasional, melainkan juga pada daerah atau wilayah yang terbawah. Pemimpin yang mampu membangun pemberdayaan wilayah pertahanan, pemimpin itu cerminan dari rakyatnya. Kesatuan dan kedaulatan pemimpin adalah syarat mutlak untuk kesempurnaan perang rakyat semesta, dalam sistem pertahanan rakyat semesta.
Pendapat tokoh besar Indonesia :
Soekarno :       ‘’Berikan aku sepuluh orang pemuda maka aku akan merubah dunia’’.
Pemikiran Bung Karno untuk dunia
Bung karno Di mata Dunia, Bung karno bukan sekedar putra terbaik indonesia, bung karno merupakan yang terbaik di dunia, bung karno merupakan konseptor ulung dan  visioner yang jauh melewati zamannya, dari ide dan gagasanya terlihat jelas bung karno merupakan pemimpin yang konsisten dalam melawan imperialisme, kolonialisme, kapitalisme. Setelah kemerdakaan indonesia, Bung Karno membuka hubungan diplomatik dengan negara-negara yang di kunjunginya dan memperkenalkan tentang gagasan tata dunia baru yang adil dan makmur, setara antar bangsa-bangsa, dimana tidak ada penghisapan atau eksploitasi negara atas negara atau manusia atas manusia, dimana beliau menggagas sebuah perhimpunan gerakan-gerakan negara Asia di Afrika dengan membuat kesepakatan dengan empat negara yaitu Burma, Pakistan, India, dan srilangka. Dan beliau juga menggagas gerakan non Block yang lahir setelah petakons politik dunia yang terpecah menjadi dua block. Yang mana beliau menginginkan sebuah block penyeimbang bagi dunia saar itu. Semangat perlawanan bung karno sehingga beliau melahirkan NEFO (New Emerging Force) yaitu, wadah sebuah masyarakat progesif revolusionir untuk melawan kekuatan lama ODEFE (Old Estabilished Force). Dari gagasan NEFO ini lahirlah GANEFO (Games Of New Emerging Force) yang sukses, sebuah event olahraga yang mengumpulkan 55 negara yang merupakan penyemangat akan lahirnya tata dunia baru. Semangat perlawanan bung karno terhadap ketidak adilan tata dunia yang ada , di wujudkan oleh bung karno dengan keluar dari PBB pada tanggal 7 januari  1965 yang sikap ini di ambil oleh Bung karno akibat politik deskriminatif PBB dengan itu beliau menggagaskan CONEFO (Conference of New Emerging Force) sebagai tandingan PBB. Bung karno bukan sekedar pencetus Indonesia melainkan beliau lebih dari itu dan beliau telah menginspirasi perubahan Dunia. ‘’Bung karno di mata dunia: 111 tahun Gagasan dan Tindakan’’.
Dan terakhir yang di berikan oleh Bpk. Jendral. Ir. Arif Rahman Hakim adalah menonton vidio hari kiamat. Saya yakin maksud dari Bpk. Arif tentang hal ini adalah semangat keimanan (Jaddidu Imanakum) dan percaya terus kepada kekuasaan Allah agar terus semangat memperjuangkan Indonesia. Karena, tidak ada yang tidak mungkin disisi Allah jika ia menghendaki.

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar